Your Ads Here

Keseruan Tadabbur Alam SMP Karang Arum

 Tadabbur Alam SMP Karang Arum di Villa Jeep
Tadabbur Alam SMP Karang Arum di Villa Jeep
Kabar Pendidikan dari Cilengkrang dan Ujungberung: Pada hari Sabtu tanggal 24 Februari 2018, ada yang tidak biasa di SMP Karang Arum. Anak-anak yang biasanya memakai baju pramuka, kali ini semuanya memakai kaos olahraga.

Mereka semuanya berkumpul di lapangan sekolah menunggu instruksi dari ibu guru. Ya pada hari itu semua bersiap untuk melakukan Tadabbur Alam. 

Sehari sebelumnya, anak-anak sudah diwanti-wanti untuk membawa perbekalan masing-masing. Sebab di acara puncak nanti, semuanya akan botram di alam (Makan-makan bersama di alam)

Kegiatan tadabbur alam ini sebenarnya juga dalam rangka memperingati hari Pramuka. Setali tiga uang, SMP Karang Arum pun menggabungkan dua kegiatan dengan mengadakan Tadabbur Alam. 

Seperti namanya tadabbur alam bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa akan betapa besarnya ciptaan Tuhan. Kekayaan alam yang diciptakan tuhan ini, seharusnya kita fahami dan rasakan sebagai suatu anugerah yang harus kita jaga.

Sehingga keharmonisan akan selalu terjaga antara manusia dan alamnya.

Kembali ke kegiatan, tepat pukul 07.00 semua siswa mulai mengadakan long march dengan menyusuri pekampungan seperti Legok Badak, Sekemandung, dan Sekehonje. Sambil berjalan, mereka menyanyikan lagu-lagu nasional dan menyapa warga sekitar yang kebetulan saat itu berpapasan.




Rute yang menanjak memberi arti tersendiri bagi semua peserta, sebab tak tanggung-tanggung rute setelah sekehonje misalnya kemiringannya hampir 45 derajat. Cukup membuat betis kita pegal-pegal. Namun dengan keceriaan dan canda tawa, rute yang menanjak tersebut seakan tak terasa oleh kita.

Kecapaian kita terbayar sudah, saat kita memasuki villa jeep. Bapak pemilik langsung mempersilakan kepada kami untuk memasuki area tersebut.

Area villa jeep merupakan tempat yang sangat refresentatif. Memadukan konsep cafe yang berbalut dengan alam membuat pengunjung akan betah berlama-lama di tempat ini.

Pun dengan anak-anak SMP Karang Arum, begitu mereka memasuki area ini, semuanya langsung menempati tempat-tempat seperti gazebo, patung jeep, bangku-bangku pertemuan, patung delman, taman air mancur, dan area sepakbola.

Di villa jeep semua beristirahat dengan membuka bekal yang telah di bawa masing-masing. Sebagian anak yang ingin membeli minuman seperti jus, teh manis dan sebagainya mereka bisa memesan langsung di cafe villa jeep.

 Tadabbur Alam SMP Karang Arum di Villa Jeep

Setelah beristirahat semua berkumpul di area pertemua villa jeep. Di tempat ini disediakan bangku-bangku dan ruangan terbuka untuk kegiatan serbaguna seperti pertemuan, hiburan dan lain-lain.

Di tempat ini, anak-anak SMP Karang Arum dipersilakan untuk menampilkan bakat dan keterampilannya, semacam pentas seni yang sederhana. Mereka pun bergantian bernyanyi dan diselingi dengan tarian.

Setelah acaranya selsai mereka pun kembali ke SMP Karang Arum dengan melakukan long march ke perkampungan selanjutnya seperti daerah Cibejog, Legok hayam, Balong Saladah, Desa Giri Mekar dan berakhir di kampus SMP Karang Arum.


Alhamdulillah acara tadabbur alam SMP Karang Arum telah selesai, semoga semua yang kita lakukan membawa manfaat, tetap menjaga keseimbangan dengan alam dengan selalu mencintai alam, menjaga sampah agar tidak dibuang sembarangan. 

Tetap semangat belajar ya Nak... Bravo SMP Karang Arum.....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keseruan Tadabbur Alam SMP Karang Arum"

Post a Comment